Gelar Temu Lapang Petani, YBTS Harap Keberlangsungan Pertanian

Sebarkan:
Foto bersama usai Temu Lapang Tani 
HALBAR, PotretMalut - Yayasan Bina Tani Sejahtera, menggelar Temu Lapang Tani, di Desa Payo Tengah, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Rabu, (24/07/2024).

Agenda bertajuk "Semangat Belajar Budidaya Sayuran untuk Hasil yang Menguntungkan", dihadiri perwakilan YBTS, Bidang Data dan Monev Officer, Ayu Novelisa, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Samsudin Senen, perwakilan Dinas Pertanian dan DPMD Halmahera Barat, Kepala Desa Payo Tengah, Gafli Anwar, Kades Bobo, Bobo Jiko serta Kades Akediri dan tim Tekad.
Panen Pare dan Mentimun usai acara Temu Lapang Tani 
Perwakilan YBTS, Bidang Data dan Monev Officer, Ayu Novelisa mengatakan, YBTS melalui Technical Field Officer atau pendamping lapangan bertujuan memberikan bimbingan serta belajar bersama para petani di Kecamatan Jailolo.

Ayu berharap bimbingan pihaknya bisa membangun lokasi pertanian serta petani yang baru, untuk memberikan hasil yang baik dan maksimal bagi keberlangsungan pertanian di Halbar.

"Kami berharap adanya kolaborasi antara petani, Pemdes, dan Kabupaten, semangat bertani semakin tinggi, sehingga petani bisa mencapai panen makmur," ungkap Ayu.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Kepala Desa Payo Tengah (Pateng), Gafli Anwar. Gafli menyatakan pihaknya bahkan memberikan dukungan dana bagi petani melalui 20 persen anggaran pangan yang bersumber dari Dana Desa.

"Kami sangat mendukung, bahkan dana pangan 20 persen itu kami fokuskan ke pertanian, karena ini menyangkut kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Samsudin Senen mengatakan, agenda tersebut sesuai dengan program prioritas Pemda Halbar.

"Jangan berhenti di sini saja, seperti di beberapa tempat sebelumnya. Setelah panen langsung habis. Kita berharap ini berkelanjutan," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Awi, mewakili petani meyampaikan terima kasih kepada YBTS. Terutama kepada Annisa Rahma Fatika selaku Pendamping lapangan, karena telah memberikan pengetahuan terkait budidaya sayuran.

"Ilmu tentang budidaya sayuran ini saya tidak tahu sama sekali. Jadi saya sangat berterimakasih kepada YBTS karena sudah mengutus Ade Ica (Sapaan Annisa) ke sini untuk membimbing kami, terutama saya," ucapnya.

Awi berharap, Pemda untuk bekerjasama dengan Yayasan milik PT East West Seed Indonesia itu, sehingga para petani di Halbar bisa mendapat bimbingan.

Diketahui, YBTS didirikan untuk berkiprah di bidang sosial dan kemanusiaan, khususnya berkaitan dengan pertanian. (Asrul/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini