KPU Malut Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024

Sebarkan:
Ketua KPU Malut saat memberikan sambutan 
TERNATE, PotretMalut - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara menggelar sosialisasi tahapan pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, pada pemilihan serentak tahun 2024, Kamis, (25/07/2024).

Agenda yang dipusatkan di ruang pertemuan Waterboom Ternate, menghadirkan lima narasumber, yaitu Dir Intelkam Polda Malut, Kombespol Yuhsfi Munif Nasution, Kabid Perekonomian dan Perdagangan Bappeda Malut, Daud Subekti, Kabid Kebudayaan Dikbud Malut, Darwin A Rahman, Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Malut, Rusli Saraha, dan Kabid Teknis Penyelenggaraan KPU Malut, Reni SA Banjar.

Foto bersama peserta sosialisasi 
Ketua KPU Malut, Mohtar Alting dalam sambutan mengatakan, tahapan pencalonan merupakan tahapan yang sangat krusial diantara tahapan-tahapan lain. Ini sesuai dengan Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024, tentang Jadwal dan Tahapan Pilkada.

"Tahapan pemilihan tahun 2024, telah berada pada tahapan pemutakhiran data pemilih. Ini masuk dalam kategori tahapan persiapan, di seluruh Malut petugas Pemutakhiran Data Pemilu, telah selesai melakukan Coklit pada pada 24 Juli," ungkap Mohtar.

Ketua KPU Malut menyebutkan, tahapan persiapan yang dilakukan KPU saat ini pada tahapan Coklit, setelahnya KPU Malut akan benturkan data kabupaten/kota.

"Kami berharap kepada masyarakat, apabila nama atau keluarga belum sempat di Coklit, dapat dilaporkan ke PPS. Di tanggal 26 sampai 28, kami akan benturkan data, istilah kami tabrak data antar Kabupaten/Kota, sehingga dapat diketahui kegandaan data antar Kabupaten/Kota," jelasnya.

Mohtar menyebutkan, pada tanggal 24 sampai 26 Agustus, KPU provinsi maupun kabupaten/kota mengumumkan pendaftaran bakal calon gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, maupun bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Pada 27 sampai 29 Agustus, akan dilaksanakan pendaftaran. Baik melalui jalur partai politik maupun perseorangan," ujarnya.

Sementara, untuk bakal calon perseorangan, sebut Mohtar, berdasarkan jadwal yang dimulai pada 5 Mei, terdapat 3 Kabupaten yang mengajukan dukungan. 

"Yaitu Kabupaten Halmahera Utara, Kepulauan Sula, dan Kabupaten Pulau Taliabu. Dan sementara sedang dilakukan penelitian, baik administrasi maupun faktual," sebutnya.

Ia berharap, tahapan penyelenggaraan Pilkada di Malut berlangsung kondusif, aman, dan lancar.

"Kami berharap, penyelenggaran Pilkada se-Provinsi Malut bisa berlangsung aman, damai, dan tertib," pungkasnya. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini